pengaruh penggunaan membaca berulang-ulang terhadap pemahaman membaca siswa
pemahaman membaca
DOI:
https://doi.org/10.36665/elp.v7i2.636Kata Kunci:
membaca berulang-ulang pemahaman membacaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang biasanya ditemukan pada setiap sekolah diseluruh dunia, guru menggunakan strategi konvensional dimana ia sebagai guru bertindak sebagai center of the class. Ketika guru mengajar tentang teks naratif, dia hanya memberi siswa teks, membacanya bersama mereka, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan teks tersebut. Artinya guru tidak mendorong siswa untuk lebih aktif di kelas yang merupakan kebalikan dari kurikulum 2013 dimana siswa dituntut untuk aktif. Kedua, siswa menunjukkan sedikit pemahaman dalam membaca, seperti menemukan ide pokok, referensi, atau kesimpulan dari teks. Masalah ini diamati ketika peneliti meminta beberapa siswa untuk menemukan gagasan utama paragraf tertentu Malin Kundang. Beberapa dari mereka tidak dapat menemukan ide utama paragraf, mereka hanya mengulangi kalimat pertama paragraf yang merupakan kalimat topik bukan ide utama. Ketiga, guru mengakui bahwa siswa sering ragu untuk menemukan nilai moral dari teks tersebut, karena tidak tertulis pada teks tersebut.
Referensi
Bastug, M., & Keskin, H. K. (2014). The role of text length in repeated reading. European Journal of Educational Studies.
Bouguebs, R. (2005). The Effect of Repeated Reading on Reading Fluency. Mentauri University.
Dotson-Shupe, E. C. (2017). The Impact of Repeated Reading on the Comprehension Level of Eight Eighth Grade Students at the Middle School Level. ProQuest Dissertations and Theses, 195. https://search.proquest.com/docview/1986758963?accountid=14548%0Ahttps://julac.hosted.exlibrisgroup.com/openurl/HKU_ALMA/SERVICES_PAGE??url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=dissertations+%26+theses&sid=ProQ:ProQuest+Diss
Harmiati. (n.d.). the application of choral and repeated reading strategy to improve the reading ability of the second year students at SMPN 2 Pitu Riase Sidrap regency.
Hastuti, Y., Kardena, A., & Chio, E. (2020). Students’ Difficulties in Translating Narrative Text From English Into Indonesia At Iain Bukittinggi. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 6(1), 135. https://doi.org/10.24252/eternal.v61.2020.a12
Lee, J., & Yoon, S. Y. (2017). The effects of repeated reading on the fluency and comprehension skills of elementary-age students with learning disabilities. Journal of Learning Disabilities, 50(2), 213–224.
Nurhadi Maya, A., Eliza, & Safitri, L. (2020). an Analysis of Transitivity in Reading Text for Second Grade Students’ of Senior High School. ELLTER Journal, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.22236/ellter.v1i2.5449
Otto, W. (1979). How to Teach Reading. Addwason-wesleypubl washing company, inc.
Roza, V., & Khairani, Z. (2019). Students’ Attitude Toward Extensive Reading at English Education Study Program in IAIN Bukittinggi. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289774
S.J, L. & S. (1974). Toward a theory of automatic information processing in reading. DC Express.
Sugiono. (2009). MetodePenelitianPendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabete.
Suryabrata, S. (1990). PsikologiPendidikan. PT Rajawali.
Sya’ban, W., & Reflinda, R. (2021). Guided Reading Approach to Reach Students’ Reading Comprehension: A Descriptive Qualitative Research. https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2020.2305687
Syafitri, W. (2018). PROBLEMS IN LEARNING READING (Case Study: Islamic Banking Students of IAIN Bukittinggi). Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 39. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.540