ANALISIS FITUR SOSIOLINGUISTIK: PENGGUNAAN REGISTER DALAM WAWANCARA KOMERSIAL ONLINE DAN APLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Ikrar Genidal Riadil Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36665/elp.v10i2.995

Kata Kunci:

Instagram; Language; Online Shop; Register; Sociolinguistics

Abstrak

Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi; namun, bahasa yang digunakan di Toko Online sangat berbeda dengan bahasa percakapan sehari-hari. Penelitian ini menganalisis bentuk dan makna linguistik register yang digunakan dalam akun Instagram @dailyluxury_id, sebuah toko daring. Instagram dipilih sebagai sumber data karena penggunaannya yang meluas di era digital sebagai platform promosi produk. Penelitian ini mencoba untuk menjawab dua pertanyaan utama: (1) Apa saja bentuk register linguistik yang digunakan dalam bahasa pembelian produk bold? (2) Apa signifikansi register dalam konteks ini? Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada register spesifik yang digunakan dalam komunikasi toko bold. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi struktur linguistik dan mengeksplorasi makna register yang digunakan dalam wacana toko bold.
Penelitian ini menemukan 11 register dalam bahasa Instagram, yang sebagian besar terdiri dari kata benda (36,36%) seperti "Stok," "Ulasan," dan "Terlaris," dan kata kerja (18,18%) seperti "Transfer" dan "Pesanan," yang menekankan tindakan transaksional. Kosakata yang cerah dan santai ini, yang lebih menyukai nada percakapan, kontras dengan e-commerce standar. Sementara konotasi kontekstual (45,45%) mengomunikasikan eksklusivitas dan urgensi, makna leksikal (54,54%) sering kali mempertahankan definisi kamusnya. Istilah seperti "Siap" dan "Pecinta lokal" mempromosikan kedekatan dan komunitas. Semua hal dipertimbangkan, teknik linguistik Instagram meningkatkan komunikasi dan menghasilkan pengalaman berbelanja yang berfokus pada komunitas, didorong oleh urgensi, dan eksklusif.

Referensi

Alwasilah, A. Chaedar. 1986. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa. Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 1995. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta. Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Bahammam, L. (2018). Gendered discourses and discursive strategies employed in Twitter-hashtagged debates about Saudi-women’s issues (Doctoral dissertation, University of Reading).

Bengtsson, M. (2016). How to plan and perform a qualitative study using content analysis. NursingPlus open, 2, 8-14.

Butler, P., & Peppard, J. (1998). Consumer purchasing on the Internet:: Processes and prospects. European management journal, 16(5), 600-610.

Clark, R. M., & Mitchell, W. L. (2018). Deception: Counterdeception and counterintelligence. CQ Press.

Calude, A. S. (2023). The linguistics of social media: an introduction. Taylor & Francis.

Farikah, F. (2006). Cohesion Analysis Of Student´ s Thesls Abstract Of Post-Graduate Program Of State University Of Semarang. Jurnal Penelitian Inovasi, (1), 17852.

Holmes, J. (2013). Doing discourse analysis in sociolinguistics. Research methods in sociolinguistics: A practical guide, 177-193.

Holmes, J., & Wilson, N. (2022). An introduction to sociolinguistics. Routledge.

Kharismawan, P. Y. (2017). The Types and The Functions of The Fillers Used in Barack Obamas Speeches. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 1(1), 111-119.

Mega, I. (2012). A Descriptive Study On Register Used In Ticketing Division At Tanjung Emas Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Megah, S. I. (2021). An Analysis Of Register Of The Football Terms Used In Online News of the Bola Magazine.

Ningsih, T. J., Megah, S. I., & Razali, N. A. (2021). An Analysis of Register of the Football Terms Used in online News of the BOLA Magazine. Cahaya Pendidikan, 7(1), 63-71.

Nur Alfi, F., MA, M., & Fatimah, S. (2013). A sociolinguistics analysis of register used in online shop of Social Media (www. facebook. com) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Purnomo, B., & Salzabila, R. (2016). Register of Buying and Selling Carnelian Stones: a Sociocultural Linguistic Analysis. In Proceedings of International Conference on Language, Literary and Cultural Studies (ICON LATERALS) (pp. 142-152).

Riadil, I. G. (2021). Skripsi Investigating Indonesian EFL Learners: Fillers Used Analysis of Students’ Presentation in Undergraduate Thesis Proposal Seminar Context.

Turnip, S. D. (2014). Registers used in stand-up comedy “INDO” Malang community (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Ulfah, Y. F. (2010). Register analysis in english movie advertisements of www. 21-cineplex. com (a sociolinguistics study).

Wardhaugh, R., & Fuller, J. M. (2021). An introduction to sociolinguistics. John Wiley & Sons.

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

Riadil, I. G. (2025). ANALISIS FITUR SOSIOLINGUISTIK: PENGGUNAAN REGISTER DALAM WAWANCARA KOMERSIAL ONLINE DAN APLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. ELP (Journal of English Language Pedagogy), 10(2), 153–167. https://doi.org/10.36665/elp.v10i2.995