STUDI PENGGUNAAN HANDOUT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUAL, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X SMAN 4 KOTA SOLOK

  • Adevi Murni Adel
  • Defani Yuri Safitri
Keywords: AIR, Handout and The result of the learning mathematic.

Abstract

The goal of the research to know the result of mathematics learning with the application of Cooperative type AIR with Handout better than the result of mathematics learning with the application of Cooperative type AIR without Handout. The type of this research is quasi experimental. The population of this research is thr first grade of SMAN 4 Solok 2015/2016 academic year. Sample of the research are class X5 as experimental class, consist 22 studens. X6 as control class consist 20 students. Collect of data in this research used post test such as essai consist 5 quetions, data analysist the result of students learning used analysis test and test hypotesist, the hypotesist  that used t-test got t-test = 2,03 and t-table = 1,68 so ttest> ttable the hypotesist was eccepted with , can be concluded that the result of studenst lerning with application cooperative type AIR with Handout better than the result of studenst lerning with application cooperative type AIR without Handout at first grade at SMAN 4 Solok 2015/2016 academic year.

References

Agus Suprijono. 2009. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.
Anita Lie. 2014. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Depdiknas. 2008. Perangkat Penilaian KTSP SMA, Panduan Analisis Butiran soal. Jakarta: Depdiknas
Erman Suherman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.
Fadjar Shadiq. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta.
Fandi Pratama. 2013. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dan Model Pembelajaran Course Review Horay pada Siswa SMA Kelas XI IPA di SMAN 1 Harau.” Skripsi tidak diterbitkan. STAIN Sjech M. Djamil DjambekBukittinggi.
Fatimah. 2009. Matematika Asyik. Bandung: Mizam.
Miftahul Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mustaqimah.2012. “Efektifitas Model Pembelajaran AIR dengan Setting Model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta.” Skripsi tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Remaja Rosdakarya.
Phil Yanuar Kiram. 2007. Buku Panduan Penulisan Tugas akhir / Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pusraka Belajar.
Sardiman A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wuri Handayani.2012. “Penerapan Model Pembelajaran AIR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Logika Matematika Kelas X API 1 SMK Negeri 1 Sukorambi Tahun Ajaran 2011/2012.” Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Jember.
Published
2021-10-29