STUDI TENTANG PEMBERIAN KUIS DIIRINGI DENGAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMBANG JAYA

  • rita oktavinora
  • Iil Afrita
Keywords: Quiz, Reward, Learning Outcomes Math.

Abstract

The purpose of this study is to determine the results of learning mathematics learners with the quiz accompanied by rewards better than without a reward in class VII in SMP Negeri 1 Lembang Jaya. This type of research is a quasi experiment using Randomized Control Group Only Design. The population in this study is the students of class VII SMPN 1 Lembang Jaya registered in the academic year 2017/2018. Sampling is done by cluster random sampling technique. The sample in this research is class VII.3 as experiment class with 23 students and class VII.1 as control class with 23 students. Data analysis technique used is test of equation of two mean t test. From the calculation obtained tct = 4.57 and ttable = 1.681 this shows that thitung> ttable H0 is rejected at 95% confidence level. It can be concluded that the results of learning mathematics learners with a quiz accompanied by rewards better than without rewards.

References

Depdiknas. 2008. Perangkat Penilaian KTSP SMA Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.
Eva. Rosmalia. 2014. Pengaruh Penerapan Model ASSURE terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerusakan dan Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran Geografi: Studi Quasi Eksperimen di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Cikalongwaten.
Fartama, Rudi. 2015. Penerapan Pemberian Kuis pada Akhir Pelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Tanjung Pinang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal. Tanjung Pinang: UMRAH.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad Danial dkk. 2013.Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang diberi Tugas Rumah dan Kuis pada Model Pembelajaran Langsung ( Studi Pada Materi Pokok Reaksi Redoks).Jurnal Chemika Vol. I 4 Nomor 1 Juni 2013.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta : Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Depublish.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Stewart, Grant. 2008. Sukses Manajemen Penjualan. Bandung: Erlangga.
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Suharismi Arikunto.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Sumadi Suryabrata. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Published
2021-10-29