Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.36665/theorems.v9i1.888Keywords:
Analysis, Concept Understanding, Number PatternAbstract
This research is motivated by several problems that serve as the cause why some students have not maximally understood the concepts in mathematics lessons on number pattern material. The purpose of this study was to determine the understanding of concepts in solving problems on number pattern material in class VIII students of SMP Negeri 5 Solok City. This type of research is descriptive qualitative research. The research subjects were 27 people where 6 students of class VIII SMP Negeri 5 Solok City were selected based on the results of their mathematics ability tests for interviews. Data collection techniques in this study were written tests and interviews. The results showed that students with very poor concept understanding ability only used information in the form of numbers contained in the problem, but could not utilize certain procedures or operations in problem solving algorithms.
References
Arifin Z, 2011, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jendaral Pendidikan Islam Kementrian Agama
Arikunto Suharsimi, 2009, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto Suharsimi, 2009, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Asnelly Ilyas, 2006, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Batusangkar: STAIN Batusangkar Press
Asri Budiningsi, 2004, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
B. Febriyanto, dkk, "Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Penggunaan Median Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Dikelas II Sekolah Dasar," Jurnal Cakrawala Pendas., Vol. 4, no. 2, pp. 25-29, 2018.
B. P. Khairani, M. Maimunah, and Y. Roza, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1578–1587, 2021
D Jali, 2009, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya
E Torndike, 2010, Teori Behavioristik, Jakarta: Bumi Aksara
G. Fahrudin, E. Zuliana, H. S. Bintoro, "Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistik Mathematic Berbaru Alat Peraga Bongpas," Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika., Vol. 1, no. 1, pp. 10- 20, 2018.
Jasques, 2020, Pemahaman Konsep peserta didik pada Pembelajaan Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6, No 1, pp 190-202
Jeheman, B. Gunur, and S. Jelatu, "Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik," Jurnal Pendidikan Matematika., Vol. 8, no. 2, pp. 191-202, 2019.
M. Amri, "Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Geogebra Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bilanagan Bulat," in Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2018, pp. 792–795.
Masitoh and Prabawanto, "Peningkatan Pemahaman Konsep Matematikas Peserta didik SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)," Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika., Vol. 4, no. 1, pp.18-19, 2016.
N. Yulianty, "Kemampuan Pemahaman Konsep matematika Peserta didik dengan Pendekatan Pembelajarana matematiak Realistik," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia., Vol. 4, no. 1, pp. 60-65, 2019.
Nurhairunnisah and S. Sujarwo, "Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta didik SMA Kelas X," Jurnal inovasi teknoligi Pendidikan., Vol. 5, no. 2, pp. 192-203 , 2018.
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS.
Riduwan, 2005, Skala Pengukuran Variable Penelitian, Bandung: Alfabeta
Sudarwan Danim, 2002, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia
Sudjana Anas, 2011, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo
Sudjana, 2016, Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sulistiowati, 2018, Pembelajaran Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VII SMP Negeri Tiloan Universitas Tadulako
U. Rosyidah, dkk, "Analisis Pemahaman Konsep matematika Mahasiswa didik Progran Studi Pendidikan Matematika Dalam Mata Kuliah Aljabar Dasar," Jounal Of Mathematics Education., Vol. 1, no. 1, pp. 57-67, 2020Widiasworo Erwin, 2017, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Wowo Sunaryo Kuswana, 2012, Taksonomi kognitif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yunita, A., & Pratiwi, R. W. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Bulat Kelas VII SMPN 3 Kota Solok. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 7(2), 163-175.