MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Yuliani Fitri
Keywords: model pembelajaran investigasi, Peserta didik, Penelitian kecil

Abstract

Matematika merupakan materi yang harus dipahami oleh setiap peserta didik. Mulai dari materi yang sederhana yang penyajiannya lebih konkret sampai dengan materi yang lebih kompleks yang disajikan dalam simbol-simbol atau abstrak. Peserta didik dituntut untuk berfikir logis, kritis, sistematis untuk memahami konsep matematika. oleh sebab itu, diterapkan berbagai strategi atau model dalam proses pembelajarannya, salah satunya adalah model pembelajaran investigasi. Model pembelajaran investigasi merupakan model pembelajaran yang diterapkan untuk mengadakan penelitian kecil yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah konsep materi matematika. Pendidik menyajikan suatu masalah, lalu peserta didik diajak untuk berpikir, menyelidiki, mengeksplorasi kemampuannya untuk mendapatkan pemecahan masalah atau mendapatkan konsep baru yang berkaitan dengan masalah sebelumnya. Dengan demikian, hasil investigasi yang diperoleh peserta didik lebih lama tertanam dalam ingatannya. Oleh sebab itu, pembelajaran investigasi dianggap sangat efektif dalam proses pembelajaran matematika.

References

Anggraini, Lela. 2011. Model Pembelajaran Investigasi Kelompok pada Pemecahan Masalah Matematika. Dari http://www. Lela68’Blog.htm/ diakses tanggal 10 Agustus 2017.
BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI, dan SLBSD. Jakarta: BSNP.
Chandra, Rudi. 2015. “Model Pembelajaran Berbasis investigasi. Yogyakarta: Samudra Biru.
Chandra, Rudi. 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Investigasi Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Matematis Siswa”. Desertasi Tidak Diterbitkan. Padang: UNP.
Diezmann, Carmel M dan Watters, James J dan English, Lyn D. 2001. ImplementingMathematicalInvestigationswith Young Children.In Proceedings 24th Annual Conference of the Mathematics Education (Dalam rangka konferensi tahunan pendidikan matematika ke 24) Kelompok penelitian Australia, halaman 170-177, Sydney.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernest, Paul. 2004. The Philosophy ofMathematics Education. This edition published in the Taylor & Francis e-Library, Rauitledge Farmer Taylor & francis Group
Hujodo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Lidinillah, D.A.M. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigatif. Dari http://www.kerangka.teoritis.pdf.Adobe.Acrobat.reader.DC. Diakses taggal 10 Agustus 2017.
Safitri, Ria. 2013. Pendekatan Investigasi dalam Pembelajaran Matematika. Dari http://www.pendekatan-investigasi-dalam-pembelajaran-matematika. diakses pada tanggal 10 Agustus 2017.
Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdiknas.
Shadiq, Fadjar. 2007. Investigasi dalam Proses Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Supriyono, Agus. 2014. Pendekatan Investigasi dalam Pembelajaran Matematika. (online) MATHEDU BLOG.htm. diakses tanggal 10 Agustus 2017.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Turmudi.2009. Landasan Filsafat dan Teori Pembalajaran Matematika Berparadigma Eksploratif. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.
Wijanarko, Candra. 2012. Penerapan Investigasi dalam Pembelajaran Matematika. Dari http://www.Candra’sBlog.htm/ diakses pada tanggal 10 Agustus 2017.
Published
2019-05-16