Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Discovery Terbimbing Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX

  • Asnawati Asnawati
Keywords: metode pembelajaran discovery terbimbing, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX  menggunakan metode pembelajaran discoveryterbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Durian Tinggi yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.  Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil tes awal pada pra siklus persentase siswa yang nilainya di atas KKM yaitu mencapai 23,53%. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya di atas KKM baru mencapai 64,71%, sehingga masih belum dapat mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II, langkah-langkah penerapan metode pembelajaran discovery untuk meningkatkan keberhasilan siswa dilakukan dengan cara pemberian motivasi, pembagian jumlah anggota kelompok yang lebih kecil dan keheterogenan anggotanya, serta memberikan kesempatan melakukan presentasi kelompok atas hasil praktikumnya di depan kelas. Persentase nilai siswa yang di atas KKM pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metode discovey terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar IPA.

Published
2020-05-29